Budi elektronik

Minggu, 22 Januari 2017

Tv sharp univers protek

Pada hari ini tepatnya tgl 22 januari aku dapat panggilan untuk service televisi merk Sharp dengan gejala lampu indikator hidup merah kemudian hijau sebentar terus kembali ke merah lagi, di mata para tehnisi elektronika sering di sebut dengan protek. Untuk mengawali penjelajahan di sirkuit pcb terlebih dulu aku telanjangi bagian belakang dari casing tv tersebut, setelah kelihatan segera aku balik biar pisisinya sedikit nungging ( jangan ngeres lho ya tetap fokus aja )kemudian aku telusuri jalur jalur di sirkuit pcb tersebut sesampenya di pin nomer 1 pada fbt tepatnya pin yang menuju ke kaki colektor horisontal kutemukan kejanggalan karena soldiranya telah habis dan menjadikan jalur tersebut tidak conek alias putus, kemudian aku ambil soldir yang sudah kupanaskan dari tadi dan segera ku arahkan ke pin yang sudah gosong tadi dengan bantuan seutas timah akhirnya pin tersebut bisa nempel lagi, dan segera ku tancapkan jek ac dan bunyi cet dan layarpun kembali nyala biru yang artinya protek tersebut di akibatkan karena adanya jalur yang tidak tersambung. Aljasil televisi kembali normal alkhamdulilah sekian pengalaman yang bisa aku tulis semoga bermanfaat bagi pembaca dan apabila kurang berkenan saya mohon maaf. Sampe ketemu di postingan berikutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar